HEADLINE Selamat Datang di Website SMP YAPIDA
PBNU Imbau Seluruh Komponen Masyarakat Ciptakan Suasana Kondusif

Jakarta, NU Online
Hiruk pikuk kasus Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan penistaan agama selama ini cukup menyita energi dan pikiran. Riuh persoalan ini ditambah panasnya perdebatan di media sosial yang kerap menebarkan kebencian satu sama lain dan berita-berita hoax.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj mengimbau kepada seluruh komponen masyarakat agar turut menciptakan suasana yang sejuk dan kondusif.

“Mengimbau kepada segenap umat Islam, tokoh agama, dan tokoh masyarakat untuk turut serta proaktif menenangkan situasi serta mendorong terwujudnya suasana yang sejuk, aman, kondusif, dan menghilangkan sikap buruk sangka terhadap sesama,” tegas Kiai Said saat jumpa pers, Kamis (17/11) di Gedung PBNU Jakarta.

Terutama interaksi di media sosial, suasana kondusif ini penting agar persaudaraan, persatuan dan kesatuan tetap terjaga. Apalagi proses hukum Ahok terus berlangsung dan sudah mencapai tahap penyidikan. Sebab itu, Kiai Said mendorong seluruh masyarakat agar menghormati proses hukum Ahok yang sedang berlangsung.

Kiai Said menjelaskan bahwa masih banyak persoalan bangsa yang harus dihadapi dan diselesaikan ketimbang energi habis hanya untuk memikirkan satu wilayah saja. Dia menerangkan, bangsa Indonesia tengah menghadapi agenda besar ke depan.

Terutama tantangan krisis ekonomi, baik yang dipengaruhi konstelasi global, nasional, maupun regional. Menghadapi tantangan maraknya penggunaan narkoba yang sudah sangat memprihatinkan dan juga menghadapi tantangan ancaman terorisme global.

“Dalam situasi ini memerlukan bersatunya seluruh kekuatan komponen bangsa agar menjadi energi besar yang mampu menerobos berbagai macam kebuntuan,” tandas Kiai Said.

Berita Terkini

More +